Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar

Meliana Dwi Ardana (Universitas PGRI Madiun)
Dian Permatasari Kusuma Dayu (Universitas PGRI Madiun)
Dian Nur Antika Eky Hastuti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang menarik serta memanfaatkan adanya teknologi dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Hal tersebut belum terjadi di SD Muhammadiyah 2 Barat karena guru masih menggunakan media gambar dan buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Barat yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independen sampel t test yang sebelumnya sudah diuji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran canva. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,455, dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,083 dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran tematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...