Penggunaan media pembelajaran yang menarik serta memanfaatkan adanya teknologi dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik. Hal tersebut belum terjadi di SD Muhammadiyah 2 Barat karena guru masih menggunakan media gambar dan buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Barat yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independen sampel t test yang sebelumnya sudah diuji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran canva. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,455, dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva terhadap keaktifan belajar siswa. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran. Hasil nilai t tes menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa nilai t signifikan = 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil effect size yang diperoleh sebesar 1,083 dengan kategori pengaruh kecil, hal tersebut berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran canva pada pembelajaran tematik.
Copyrights © 2022