Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengembangan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar

Bella Tri Arumsari (Universitas PGRI Madiun)
Dian Nur Antika Eky Hastuti (Universitas PGRI Madiun)
Maya Kartika Sari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pengembangan media permainan ular tangga ini dilatarbelakangi oleh peramasalahan yang ada ditemukan dari hasil observasi di SDN 03 Madiun Lor yaitu (a) siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, (b) siswa kurang paham akan keberagaman rumah adat yang ada di Indonesia, (c) media yang digunakan oleh guru yaitu berupa buku IPS dan beberapa gambar rumah adat yang ada, dan (d) pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan di kelas masih kurang. Penelitian dan pengembangan model ADDIE (Sugiyono, 2019) terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil perhitungan diperoleh presentase 96,36% untuk ahli media, 95,38% untuk ahli materi, dan angket respon guru memperoleh presentase 84,61% serta untuk angket respon siswa dengan jumlah 26 siswa memperoleh rata-rata 90% hingga 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga layak digunakan dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...