Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS V DITINJAU DARI GAYA BELAJAR AUDITORI

Shantika Oktavia (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Mallawi (Universitas PGRI Madiun)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)
Ellys Marsinah Mursidik (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Pembelajaran saat ini menuntut siswa untuk mendapatkan pengetahuan secara mandiri.Hal ini membuat siswa harus mampu untuk belajar secara mandiri tanpa hanya mengandalkan dariguru saja tetapi juga dari dalam diri siswa. Self regulated learning merupakan suatu proses individudimana dapat mengatur, memperbaiki diri sehingga mempunyai tujuan yang ingin dicapai atautarget yang diinginkan dan ketika pencapaian itu terwujud, maka selanjutnya akan ada prosesuntuk mengevaluasi pencapaian tersebut, dimana ketika proses yang dilakukan sudah secaramaksimal dapat tercapai maka individu itu akan merasakan kepuasan dalam dirinya. Gaya belajaradatigayaitugayabelajarvisual,auditoridankinstetik.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahui SRL siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar auditori. Subjek yang dipilih yaitu siswakelas V dengan 1 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ininantinya berdasarkan indikator self regulated learning yang muncul pada siswa dan ada beberapaindikator self regulated learning yang muncul dan tidak, dari siswa yang diteliti ini memilikiindikator SRL dimana siswa sudah menerapkan atau memunculkan self regulated learning padabelajarnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...