Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis proyek diketahui populasi dari penelitian adalah 216 siswa. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 72 siswa kelas IV dari kedua kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen 83,33, rata – rata nilai kelas kontrol 68,83. Uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,200, kelas kontrol 0,200 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi 0,697 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,001 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2023