Siswa Sekolah Dasar kini cenderung tidak memiliki keterampilan sosial. Siswa Sekolah Dasar memerlukan pembimbingan yang tepat agar memberikan kontribusi terhadap pemahaman siswa dan perkembangan, sehingga siswa tidak kehilangan momentum penting dalam tumbuh kembangnya. Salah satu aspek yang harus dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar adalah keterampilan sosial yang dapat membantu siswa untuk bisa menyesuaikan dirinya di lingkungannya terkait aturan dan norma yang berlaku di masyarakat atau lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan alat tradisional congklak terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN 01 Demangan Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 Siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Pre-test Pos-test keterampilan sosial. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic uji T (T-test) . Hasil uji, menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,00. berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha, diterima yang artinya terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan alat tradisional congklak terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV
Copyrights © 2024