Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Putri Dewita Agustina (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Reynal Khoirunnisa Devi (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Fitri Nurhajimah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tata surya pada peserta didik dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan disetiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peniungkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi tata surya yakni rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 54,5% meningkat menjadi 68% pada siklus I dan meningkat menjadi 76%, atau dengan kata lain siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA materi tata surya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...