Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scratch terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di SDN 03 Madiun Lor. Materi tematik adalah Tema 6 (Energi dan Perubahannya) Subtema 3 (Energi Alternatif) Pembelajaran 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 85 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah lembar pre-test dan post-test. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 89,643 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yaitu sebesar 2,111 > 2,074, maka H1 diterima, yaitu ada pengaruh yang siginifikan  pengguaan media scratch terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di SDN 03 Madiun Lor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023