Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo. litian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan metode eksperimen. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di SDN 02 Mojorejo yang berlokasi di Jl. Abdurrahman Saleh No.1, Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63139. sampel dalam penelitian ini yaitu pada kelas V.A dengan jumlah siswa 27 siswa dan kelas V.B dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni uji normalitas, uji reliabilitas dan uji t independent. hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo. Darianalisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai sig hasil uji t independent 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo.
Copyrights © 2023