Kemampuan membaca merupakan aspek penting dalam pertumbuhan anak yang perlu dirangsang sejak dini. Aktivitas membaca memiliki nilai signifikan bagi perkembangan anak, menawarkan wawasan luas dan memudahkan proses belajar. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kemampuan membaca sesuai dengan fase pertumbuhan anak. Salah satu pendekatan yang cocok adalah Metode Glenn Doman, yang melibatkan penggunaan kartu flash untuk mengajarkan membaca dan huruf kepada anak-anak. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan daya imajinatif anak. Metode ini juga membantu guru dan orang tua memahami dunia sekitar bersama anak-anak. Penelitian ini dilakukan di SDN Selopuro 1, tujuan dari penulisan yaitu untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan metode Glenn Doman berbantuan multimedia interaktif khususnya bagi siswa kelas V yang belajar di SDN Selopuro 1. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa penerapan metode Gleen Doman berbantuan dengan multimedia interaktif dengan mengunakan flash card siswa dapat menarik perhatian siswa dan juga dapat membantu siswa lebih mudah mengingat kata, dan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2023