Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model guided inquiry pada siswa kelas V/A SDN 02 Pangongangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas V/A SDN 02 Pangongangan tahun pelajaran 2019/2020 jumlah siswa 22. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian terdiri tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian penelitian. Berdasarkan data yang terkumpul dapat di deskripsikan dan di analisis. Maka ditarik kesimpulan : 1) Penilaian sikap ilmiah, terhadap siswa kelas V/A memiliki sikap ingin tahu, sikap kritis, sikap tanggung jawab, sikap terbuka, sikap percaya diri, sikap toleransi, sikap jujur, sikap teliti, sikap disiplin pada tema ekosistem dengan menggunakan model guided inquiry; 2) Pemahaman konsep siswa, dengan menggunakan model guided inquiry pada tema ekosistem sangat tepat untuk pemahaman konsep siswa.
Copyrights © 2020