Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Kesalahan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman

Akni Dwi Mahardani (Universitas PGRI Madiun)
Candra Dewi (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah  3 siswa kelas IV SDN Klangon 01. Teknik Pengumpulan data meliputi tes tulis, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Tidak ada siswa yang salah membaca. (2) Kesalahan memahami terjadi karena kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, (3) Kesalahan transformasi disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap soal sehingga mereka tidak dapat menentukan operasi atau rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal. (4) Kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa kesulitan dalam menentukan rumus yang sesuai, (5) Kesalahan penulisan jawaban terjadi karena siswa tidak terbiasa menyertakan jawaban akhir (kesimpulan) dan sering kali melakukan kesalahan dalam proses perhitungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...