Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah  3 siswa kelas IV SDN Klangon 01. Teknik Pengumpulan data meliputi tes tulis, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Tidak ada siswa yang salah membaca. (2) Kesalahan memahami terjadi karena kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, (3) Kesalahan transformasi disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap soal sehingga mereka tidak dapat menentukan operasi atau rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal. (4) Kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa kesulitan dalam menentukan rumus yang sesuai, (5) Kesalahan penulisan jawaban terjadi karena siswa tidak terbiasa menyertakan jawaban akhir (kesimpulan) dan sering kali melakukan kesalahan dalam proses perhitungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024