Pembelajaran tematik merupakan kegiatan belajar yang dimana pembelajaran ini mengintegrasikan materi dari beberapa mata pelajaran. Dengan pembelajaran tematik dapat dikaitkan dengan pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal karena sebagai sarana menanamkan nilai kebhinekaan pancasila untuk menciptakan rasa kebanggaannya terhadap warga negara Indonesia. Selain itu, nilai kearifan lokal akan menimbulkan rasa kecintaannya terhadap kebudayaan sendiri yaitu Dongkrek. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang diambil melalui kegiatan observasi, wawancara, serta dokumen. Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data sekunder dan sumber data primer. Pada penelitian ini jumlah informan yang akan diteliti berjumlah 3 orang yaitu guru kelas III, dan 2 siswa. Temuan dalam kegiatan penelitian ini adalah bentuk penerapan pendidikan multikultural pada pembelajaran tematik kelas III dapat dilihat dari pengintegrasian setiap kegiatan pembelajaran dan guru juga mengintegrasikan pendidikan multikultural ini melalui kegiatan spontan yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar.
Copyrights © 2023