Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Pembelajaran Bleanded Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Dolopo 01

Nur Wakhid Abdul Aziz (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Berdasarkan hasil survey yang saya lakukan di SDN Dolopo 01 pada saat pandemi, SDN Dolopo 01 sudah menerapkan metode pembelajaran blanded learning. Yaitu gabungan antara pembelajaran online (daring) dan tatap muka (luring). Namun dari hasil wawancara dengan guru, ditemukan adanya penurunan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa nilai peserta didik yang menurun. Ada berbagai alasan yang diungkapkan oleh guru, salah satunya peserta didik kurang menguasi pengguanaan media elektronik, waluapun setiap hari mereka menggunakan handphone tapi mereka belum tahu bahwa handphone bisa digunakan untuk mencari atau memperdalam materi yang telah di berikan guru. Apalagi peserta didik yang tinggal dengan nenek nya, mereka kesulitan dalam penggunaan media elektronik karena mereka tidak ada yang membimbing. Sehingga kemampuan peserta didik berkurang dalam memahami materi tematik khususnya mengamati gambar organ tubuh manusia. Selain itu alasan dari peserta didik adalah materi yang disampaikan pada saat pembelajaran daring kurang menarik sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Peserta didik bingung dalam memahami materi pembelajaran karena sebelumnya materi disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran berupa video. Berdasarkan paparan masalah di atas, maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fungsi Organ Tubuh Manusia Kelas 5 SDN Dolopo 01”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...