Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang tidak dapat disampaikan guru melalui kata-kata dalam kegiatan belajar-mengajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami fakta, konsep dan prinsip tertentu yang disampaikan oleh guru agar tampak lebih nyata. Media ular tangga merupakan sebuah media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan permainan tradisional. Media permainan ular tangga ini disesuaikan dengan karakteristik siswa dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagai pengantar informasi bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media Ular Tangga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas 5 SDN 01 Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas 5 di SDN 01 Manisrejo dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 76,25. Saran dari penelitian ini perlu dilakukan penelitian serupa dengan menggunakan sampel dan materi yang berbeda sehingga dapat diketahui apakah media Ular Tangga masih efektif digunakan.
Copyrights © 2022