Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui vidio animasi pada siswa kelas I SDN 02 Pangongangan Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi yang dilakukan sebanyak Dua siklus, Dengan subyek penelitian kelas 1 yang berjumlah 27 anak, yang terdiri dari 15 anak laki- laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pengamatan/observasi dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisi data ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberasilan siswa yang harus dicapai dalam rata- rata kelas adalah 75 dan ketuntasannya 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar membaca permulaan melalui vidio animasi dapan meninggakatkan membaca pada siswa kelas I SDN 02 Pangongangan Kota Madiun. Pada pratindakan dengan presentase rata-rata kelompok sejumlah 41%, naik pada siklus I sebesar 8% menjadi 49% dan pada siklus II naik sebesar 37% menjadi 86%. Adapun media yang digiunakan dalam penelitian ini yakni media animasi dalam bentuk CD iteraktif Abacada Cerdas Belajar Baca.
Copyrights © 2020