Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar belum maksimal karena guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan karakteristik siswa dan bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi media digital comedy dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas 4 SDN Girikerto 1 dan 21 siswa kelas 4 SDN Girikerto 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasional dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan komik digital sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ditunjukkan dari hasil tes, yaitu: dapat berupa pre-test dan post-test dengan proses soal sesuai indikator kemampuan berpikir kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023