Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Self Regulated Learning Pada Gaya Belajar Kinestetik Kelas V Sekolah Dasar

Ilmi Nur Jannah (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Rissa Prima Kurniawati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Kemampuan belajar mandiri lebih diperlukan oleh siswa-siswi yang menghadapi tugas atau pekerjaan rumah secara mandiri dan sebagainya. Self regulated learning atau biasa disingkat dengan SRL ini adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan, memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi dirinya dalam kegiatan belajar. Gaya belajar adalah kunci utama dalam mengembangkan kinerja pekerjaan, disekolah, dan dalam studi-studi pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V di SDN 02 Pangongangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus, dengan subjek 1 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi teknik untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...