Kemampuan belajar mandiri lebih diperlukan oleh siswa-siswi yang menghadapi tugas atau pekerjaan rumah secara mandiri dan sebagainya. Self regulated learning atau biasa disingkat dengan SRL ini adalah kemampuan seseorang dalam merencanakan, memonitor, mengontrol, dan mengevaluasi dirinya dalam kegiatan belajar. Gaya belajar adalah kunci utama dalam mengembangkan kinerja pekerjaan, disekolah, dan dalam studi-studi pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V di SDN 02 Pangongangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus, dengan subjek 1 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi teknik untuk mengetahui pola belajar self regulated learning pada gaya belajar kinestetik siswa kelas V.
Copyrights © 2022