Penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didasarkan oleh kurang maksimalnya siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan karena variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang beragam sehingga ketika guru menyampaikan materi siswa kurang paham, disamping itu siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin memberi solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model case based learning pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized control group only design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V A berjumlah 20 siswa dan kelas V B berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel maka H1 diterima. Berdasarkan hasil uji t maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model case based learning pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023