Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran IPA menggunakan media gambar untuk Kelas V MI Muhammadiyah Sedayu. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan bantuan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V yang berjumlah 11 siswa, terdiri dari 4 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang proses Perubahan Sifat Benda masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Dari 11 siswa sampel, hanya 4 siswa yang lulus Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) yaitu 70. Berdasarkan persentase hasil data ditemukan sebagai berikut: pada proses Pra-siklus hanya 4 siswa yang tuntas dengan nilai 36,4% dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 63,6%. Kemudian pada proses Siklus I terjadi peningkatan hasil belajar yaitu 7 siswa lulus dengan persentase 63,6% dan 4 siswa yang belum tuntas dengan persentase 36,4%. Setelah itu proses Siklus II bertambah sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan hampir 100% yaitu 81,8% dan ada 2 siswa yang belum tuntas dengan persentase 18,2%.
Copyrights © 2022