Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 2 (2020): Merdeka Belajar di Era New Normal

Penilaian diri pada pembelajaran matematika dengan media dakon pada siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Lor

Dwi Damayanti (Universitas PGRI Madiun)
Sri Budyartati (Universitas PGRI Madiun)
Tri Wahyuni Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penilaian diri pada pembelajaran matematika dengan media dakon pada siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Lor. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua data yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika menggunakan media dakon cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan dengan adanya lembar angket penilaian diri dapat disimpulkan siswa dalam pembelajaran matematika dengan media dakon membuat siswa lebih memahami materi, lebih aktif, tidak membosankan, dan tidak mengalami kesulitan saat proses pembeajaran dengan media dakon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...