Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penerapan Model Pembelajaran Paired Storytelling Based Learning Menggunakan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Anniza Almeida Mutiasari (Universitas PGRI Madiun)
Hendra Erik Rudyanto (Universitas PGRI Madiun)
Octarina HIdayatus Sholichah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mengambil tema dan tujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran paired storytelling based learning menggunakan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan jenis penilitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) atau Classroom Action Research, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian tindak kelas merupakan upaya untuk mencermati kegiatan belajar kelompok peserta didik dengan memberikan tindakan yang dimunculkan guru bersama-sama antara guru dengan peserta didik dibawah bimbingan guru yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan diberikan posttest dan pretes. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran paired storytelling based learning menggunakan media pop-up book pada siswa kelas 2 di SDN 02 Nambangan Kidul terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...