Dalam penelitian ini penulis mengambil tema dan tujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran paired storytelling based learning menggunakan media pop-up book untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan jenis penilitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) atau Classroom Action Research, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian tindak kelas merupakan upaya untuk mencermati kegiatan belajar kelompok peserta didik dengan memberikan tindakan yang dimunculkan guru bersama-sama antara guru dengan peserta didik dibawah bimbingan guru yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan diberikan posttest dan pretes. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran paired storytelling based learning menggunakan media pop-up book pada siswa kelas 2 di SDN 02 Nambangan Kidul terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca.
Copyrights © 2024