Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Di SDN 03 Klegen Kota Madiun

Pipin Dwi Saputri (Universitas PGRI Madiun)
Vivi Rulviana (Universitas PGRI Madiun)
Agnes Sudjarnuwarini (SDN 03 Klegen)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

BerdasarkanhasilpenelitianterkaitupayapeningkatanhasilbelajarmatematikakelasVyangtelahdilakukanpenelitidiSDN03KlegenKotaMadiun,dapatditariksuatukesimpulanapabila modelpembelajaran.TeamGamesTournament.(TGT)pada proses pembelajaranmatematika telah berhasil. Buktinya adalah peningkatan skorpada aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dibuktikan dengan adanya meningkatnya nilaipengetahuandimanapadakegiatanprasiklusskorrata-ratamencapai63, nilai ketuntasanbelajarmencapai35%,kemudianpadasiklus-Inilairata-ratakelasmencapai65denganskor ketuntasan belajar mencapai 60%, dan pada siklus-II nilai rata-rata kelas mencapai 81 dannilaiketuntasanbelajarmencapai90%.Aspekketerampilanjugamenunjukkanadanyapeningkatan skor dimana pada siklus I rata-rata sebesar 68,75 dengan skor ketuntasan belajarmencapai50%danpadasiklusIIrata-rataskorsebesar93,75danskorketuntasanbelajarmencapai100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...