Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Pasca Lianta Domini Munthe (Universitas Katolik Santo Thomas)
Saut Mahulae (Universitas Katolik Santo Thomas)
Juliana Juliana (Universitas Katolik Santo Thomas)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang T.A 2021/2022”. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan pada penelitian ini dilakukan secara acak. Berasarkan populasi penelitian ini, maka jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil nilai terendah pre test 28 dan nilai tertinggi sebesar 88. Nilai rata-rata PreTest 53,73 berada dengan kategori kurang. Nilai rata-rata Post Test 80 berada dengan kategori baik sekali. Nilai rata rata angket siswa yaitu sebesar 54,5. Nilai angket siswa terendah sebesar 50 dan nilai angket siswa tertinggi sebesar 58. Dengan persentase tertinggi sebesar 30% dan persentase terendah sebesar 7%. Dari hasil koefisien korelasi membuktikan bahwa r hitung > r tabel dengan hasil rhitung > rtabel dengan hasil 0,407 > 0,361 dengan t hitung > t tabel dimana 2,361 > 1,697. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang kubus dan balok di SD Negeri 065011 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...