Kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis pada materi pengolahan data masih rendah. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya dukungan dalam proses belajar siswa di sekolah dasar pada materi pengolahan data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang lebih baik dalam mendukung proses belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN Selopuro 1 Ngawi dengan mengumpulkan data melalui angket dan wawancara kepada siswa dan guru kelas 5. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat kurangnya inovasi dalam metode dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Selain itu, juga terlihat kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan media pembelajaran, ditemukan bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang lebih beragam dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2023