Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki minat baca rendah hal ini dibuktikan pada skor PISA Indonesia. Setelah adanya pandemic covid-19 pada saat pembelajaran siswa cenderung bertanya kepada temanya pada saat menjawab soal dibandingkan mencari jawaban didalam buku. Sehingga diperlukan kegiatan yang menarik siswa untuk membaca. Penelitian ini difokuskan pada implementasi gerakan literasi melalui BINGO Card untuk menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana implementasi gerakan literasi di kelas II SDN Ngegong, 2) Mendeskripsikan minat baca siswa sebelum adanya media BINGO card. 3) mendeskripsikan bagaimana minat baca setelah adanya media BINGO card. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Ngegong yang berjumlah 30 siswa. Tahapan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah dibagi menjadi 3 tahap yaitu: 1) tahap perencanaan, dilakukan dengan kegiatan pembiasaan membaca buku selama 15 menit, 2) tahap pelaksanaan dimana disini digunakan media BINGO Card, 3) tahap evaluasi dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada BINGO Card. Siswa yang menjawab pertanyaan dengan tepat dan berhasil mengumpulkan kartu B,I,N,G,O akan mendapat hadiah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa dengan adanya media BINGO Card siswa menjadi lebih antusias dan senang mebaca tidak hanya selama kegiatan berlangsung namun diwaktu luangnya.
Copyrights © 2023