Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penggunaan media Kahoot! Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V SDN 02 Josenan.

Rocky Aldona (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Siti Khuzaimah (SDN 02 Josenan Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia Pendidikan yang sangat membutuhkan inovasi penggunaan media pembelajaran agar peserta didik lebih antusias dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengingkatan hasil belajar peserta didik setelah digunakan media pembelajaran Kahoot! pada proses belajar-mengajar pada pembelajaran Matematika peserta didik kelas V SDN 02 Josenan Kota Madiun. Teknik pengumpulan data dengan menjalankan tes dan observasi. Objek penelitian ini peserta didik kelas V SDN 02 Josenan dengan jumlah 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02 Josenan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan media Kahoot! yakni pada siklus I 85%, pada siklus II 100%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...