Selama ini pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar pada umumnya didasarkan pada behaviorisme, dengan penekanan pada pemberian dan pelatihan pengetahuan. Dalam proses transmisi pengetahuan, guru selalu menggunakan bahan ajar yang kurang, yang dapat menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa. Motivasi adalah segala sesuatu yang memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Kurangnya motivasi siswa untuk belajar menuntut guru untuk berkreasi dan berinovasi untuk menngkatkan motivasi belajar siswa. Dengan motivasi belajar yang sangat kuat terutama dari guru, siswa dapat lebih semangat dan bergairah belajar. Salah satu media yang menarik dan aplikatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah wayang. Wayang merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang mengandung pesan moral yang sangat baik untuk kehidupan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan semi empiris. Dalam penelitian ini ada kelompok yang akan mendapat perlakuan media dan ada kelompok yang tidak mendapat perlakuan atau tidak menggunakan media. Penggunaan media wayang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Tema 3 Ayo Cintai Lingkungan Subtema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di SDN 04 Madiun Lor setelah dilakukan Uji-t hasilnya diperoleh nilai thitung -0,666. Sehingga pengujian hipotesisnya H0 ditolak dan H1 diterima karena -0,666 ≤ 2,045. Tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran wayang tergolong tinggi.
Copyrights © 2022