Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai konsentrasi belajar siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik untuk memeriksa kebsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar yang dimiliki siswa ADHD ini rendah dibandingkan dengan siswa lainnya, rentan konsentrasi belajar siswa ADHD ada pada rentan waktu 2-6 menit. Dalam kegiatan pembelajaran siswa ADHD sering membuat suasana kelas tidak kondusif, jarangĀ mencatat, dan tidak mengerjakan tugas karena kekurang mampuan siswa ADHD dalam menulis dan membaca. Hal yang membuat siswa kurang berkonsentrasi saat belajar yaitu siswa ADHD merasa dirinya tidak mampu, tidak tertarik, atau bahkan tidak suka maka membuat siswa ADHD merasa bosan dalam belajar yang membuat konsentrasi belajar siswa ADHD hanya mampu pada rentan waktu yang pendek.
Copyrights © 2024