Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Ella Rahma Eganovita (Universitas PGRI Madiun)
Fida Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Ilmu matematika yang berperan sangat penting dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dan dibutuhkan manusia karena manfaatnya yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa dengan penerapan Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika materi Volume Kubus dan Balok. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sawahan yang berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes uraian untuk melihat hasil belajar siswa kelas V dan dokumentasi yang bertujuan memperoleh keterangan berupa catatan yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap pra siklus dan siklus I belum memenuhi kecakapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kemudian pada siklus II sudah mencukupi kecakapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada penelitian ini bahwa pebelajaran matematika menggunakan penerapan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...