Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: efektivitas model Project Based Learning berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang mengetahui ada tidaknya sebab akibat dari suatu subjek yang diteliti dengan membandingkan satu atau lebih pembanding yang diberikan dan tidak diberikan perlakuan. Dalam rancangan penelitian ini, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak diambil secara random. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran PjBL dan kelas kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dapat diketahui nahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEAM efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor sehingga mampu mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2023