Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Efektivitas model project based learning berbasis steam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v pada materi tematik sdn 04 madiun lor

Indah Kusuma Wardani (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Suyanti Suyanti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: efektivitas model Project Based Learning berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang mengetahui ada tidaknya sebab akibat dari suatu subjek yang diteliti dengan membandingkan satu atau lebih pembanding yang diberikan dan tidak diberikan perlakuan. Dalam rancangan penelitian ini, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak diambil secara random. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran PjBL dan kelas kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dapat diketahui nahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEAM efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 04 Madiun Lor sehingga mampu mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...