Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Swasta Ar-Ridha. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada nilai pra-test siswa yang tuntas hanya 8 atau 26,67% sedangkan siswa yang tidak tuntas 22 atau 73,33%. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 16 siswa atau 53,33% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 14 atau 46,67% dengan nilai rata-rata 60,4%. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 25 atau 83,33% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 80,57%. Selanjutnya kegiatan guru pada observasi siklus I memperoleh rata-rata sebesar 52% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84%. Sedangkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I memperoleh dengan nilai 50 dengan kriteria cukup dan pada siklus II mengalamai peningkatan dengan nilai 86 dengan kriteria sangat baik.  Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar melalui Pendidikan Matematika Realistik Kelas V SD Swasta Ar-Ridha Jl. Karet Raya N0. 68 A Medan Tahun Ajaran 2021/2022. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022