Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 2 (2020): Merdeka Belajar di Era New Normal

Strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020

Dewi Ambarsari (Universitas PGRI Madiun)
Sri Budyartati (Universitas PGRI Madiun)
Tri Wahyuni Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2020

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai pendidikan tetentu. Sesuai dengan perkembangan zaman , kini pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar dan memaparkan suatu pelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter siswa kelas 4 SD dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penggunaan strategi afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab bagi siswa kelas 4 di SDN Kledokan 1 kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari dokumen Sekolah Dasar yang mendukung berjalannya penelitian, observasi, angket pengetahuan siswa tentang strategi pembelajaran. Hasil wawancara, serta dilengkapi dengan analisis data tentang strategi pembelajaran afektif untuk membentuk karakter bertanggung jawab.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...