Kurikulum dapat dianggap sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Setelah sebelas kali pergantian kurikulum di Indonesia, pada tahun 2022 pemerintah kembali mengubah kurikulum dengan memperkenalkan kurikulum merdeka. Oleh karena perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, maka diperlukan penyesuaian dan usaha yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam menghadapi masa revolusi merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengembangan kompetensi guru dalam menjaga pelestarian masa kondisi kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan teknik wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah setelah dilaksanakan selama hampir 1 tahun pembelajaran dengan tantangan dan tantangan yang dihadapi juga pembekalan akan kurikulum merdeka, sekolah dapat menggunakan kurikulum merdeka dengan baik. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam mendukung keberhasilan implementasi iklim merdeka diperlukan pengembangan kompetensi guru melalui sosialisasi, lokakarya, dan pelatihan yang dibekali oleh pemerintah dan yayasan. Teacher competency development in facing the transition period of the Merdeka Curriculum Abstract: The curriculum is a tool to achieve educational goals. In 2022, the government will change the curriculum again by introducing a Merdeka Curriculum. Because of these changes, adjustments are needed and efforts are made to develop teacher competence in facing the transition period of the independent curriculum. The aim of this research is to understand the development of teacher competency in facing the transition period of the independent curriculum. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out by literature study and interviews. The results of this research are that teachers have a main role in facilitating the learning process. In facing the transition to the independent curriculum, schools must prepare teacher competencies, namely pedagogical competencies, personality competencies, social competencies and professional competencies that are adapted to the independent curriculum. After almost 1 year of learning with the obstacles and challenges faced as well as the provision of the independent curriculum, the school was able to use the independent curriculum well. The conclusion of this research is that to support the successful implementation of the independent curriculum, it is necessary to develop teacher competency through outreach, workshops, and training provided by the government and foundations.
Copyrights © 2024