Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Ekosistem untuk Kelas V di SDN Jurumudi Baru

Syifa Maulida Halah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nana Hendracipta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ana Nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan respons peserta didik terhadap video pembelajaran pada materi Ekosistem mata pelajaran IPAS kelas V SD. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah Research and Development atau riset dan pengembangan dengan model 4D rancangan S. Thiagarajan dkk. dengan tahapan define, design, development, dan dissemination. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara untuk mendefinisikan masalah serta menentukan solusi dan penyebaran angket untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi, serta untuk mengetahui respons siswa kelas V SDN Jurumudi Baru. Hasil penelitian menunjukan rerata hasil uji validasi ahli media 88% kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi materi sebesar 90% kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi praktisi sebesar 82% kriteria “sangat layak”, hasil respons peserta didik sebesar 96,86% kriteria “sangat layak”. Dengan begitu, video pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ekosistem di kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...