Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 2 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Papercraft untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Dekoratif pada Siswa Kelas III SD

Evariantie Kusumawardhany (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft pada materi gambar dekoratif di kelas III SDN Kutosari (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menggambar dekoratif siswa melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft (3) mendeskripsikan dampak pengiring dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media papercraft untuk meningkatkan kemampuan menggambar motif dekoratif pada siswa kelas III SDN Kutosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas III SDN 4 Kutosari. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian hasil, dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model CTL dengan media papercraft oleh guru dan siswa mengalami peningkatan, (2) penerapan model CTL dengan media papercraft dapat meningkatkan kemampuan menggambar dekoratif siswa kelas III SDN 4 Kutosari, (3) dampak pengiring dari penerapan model CTL dengan media papercraft terhadap pembelajaran SBdP sangat baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...