Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Agustina Puspa Mentari (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Sri Kamiyati (Universitas Sebelas Maret)
Mega Meilina Priyanti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Keberadaan media digital memiliki peran penting dalam pembelajaran, membantu memahami konsep IPA yang bersifat abstrak.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi siswa kelas rendah dan kelas tinggi terhadap penggunaan media digital dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipan peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan observasi yang mengukur persepsi siswa dalam penggunaan media digital dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital memotivasi siswa untuk belajar dalam dan menstimulasi rasa ingun tahu yang tinggi, masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan media digital. Oleh karenanya, penggunaan media digital diperlukan untuk bisa mendorong siswa lebih tertarik dan mudah memahami pembelajaran IPA sehingga persepsi siswa terhadap mata Pelajaran IPA juga akan lebih menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...