Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Aplikasi ‘Colere’ Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Peserta Didik Fase C Sekolah Dasar

Defira Permata Sari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mubarok Somantri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Non Dwishiera Cahya Anasta (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pendalaman terkait budaya dan minimnya media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Fase C terkait Literasi budaya dan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi Colere guna untuk meningkatkan Literasi budaya dan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Hasil validasi skor rata - rata aplikasi Colere dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran yaitu 95.7% dengan kategori sangat baik. Hasil implementasi aplikasi Colere kepada peserta didik fase C menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada nilai pre – test dan post – test dari rata – rata 54 menjadi 82. Selain itu, peneliti melakukan uji N-Gain dengan rata – rata 0.6 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, aplikasi ini layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi budaya dan kewarganegaraan peserta didik Fase C.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...