Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang

Fitri Anisa Kusumastuti (Unknown)
Muh Khaedir Lutfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan program Kampus Mengajar dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM). Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa dari  seluruh  program  studi  di perguruan  tinggi  untuk  berkontribusi dalam  rangka penguatan literasi dan numerasi.  Kabupaten Tangerang adalah salah satu daerah penempatan mahasiswa program Kampus Mengajar. Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi program Kampus Mengajar, berikut peingkatan literasi numerasi siswa  di salah satu sekolah dasar di Kabupaten  Tangerang. Metode penelitian yang  digunakan adalah kuantitatif dengan uji paired sample t-test.  Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Siswa-siswi menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, serta peningkatan minat terhadap pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...