Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Problematika Profesi Kependidikan dan Solusinya Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar

Nava Widya Rimadani (Unknown)
Nia Kurnia Rizki (Unknown)
Nur Sa’adah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang disengaja untuk menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka, termasuk dimensi spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, moralitas yang baik, dan keterampilan yang esensial bagi individu, masyarakat, bangsa, dan negara. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui permasalahan pokok kompetensi dan profesionalisme, (2) untuk menganalisis faktor- faktor penyebab timbulnya problematika kompetensi dan profesionalisme guru sekolah dasar, (3) untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi pustaka. Rencana hasil mencakup penjabaran permasalahan pokok kompetensi dan profesionalisme guru sekolah dasar, menjabarkan data terkait adanya permasalahan persebaran guru SD di Indonesia yang tidak merata dan menemukan solusi atau rekomendasi konkret mengatasi permasalahan profesi kependidikan. Kesimpulannya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan guru sekolah dasar diperlukan upaya kolaboratif antara guru dan pihak sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...