Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bumi 1 Surakarta

Idam Ragil Widianto Atmojo (Universitas Sebelas Maret)
Kisminah Kisminah (Universitas Sebelas Maret)
Vika Melani (Universitas Sebelas Maret)
Adik Nur Hidayati (Universitas Sebelas Maret)
Kinanti Wahyu Krisna Mukti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada siswa kelas II di SD Negeri Bumi 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SD Negeri Bumi 1 Surakarta yang berjumlah 8 siswa. Desain penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen lembar observasi dan penilaian. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan di siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh 4 siswa tuntas (62,5%). Pada siklus II mendapatkan refleksi dan perbaikan dari siklus I sehingga siswa tuntas meningkat menjadi 7 siswa (87,5%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...