Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) peran kepala SMK Kristen 1 Surakarta dalam mengelola sumber daya guru, 2) faktor pendukung kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru, 3) faktor penghambat kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru, 4) upaya kepala sekolah dalam mengatasi faktor penghambat. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancatra, observasi, dan analisis dokumen.. uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran kepala sekolah meliputi: a) educator, b) manajer, c) administrator, d) supervisor, e) leader, f) inovator, dan g) motivator; 2) faktor pendukung kepala sekolah meliputi: a) adanya dukungan dari berbagai pihak yaitu keluarga, yayasan dan gereja, b) etos kerja kepala sekolah yang tinggi, dan c) spiritual kepala sekolah yang baik; 3) faktor penghambat kepala sekolah meliputi: a) kurangnya pemahaman guru akan perannya, b) sarana prasarana yang kurang memadai, c) anggaran yang terbatas, dan d) komunikasi kepala sekolah dengan guru yang belum berjalan dengan baik.; 4) upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan yang ada meliputi: a) menguatkan pemahaman peran guru dan visi sekolah dalam berbagai kegiatan, b) melakukan koordinasi bersama guru dan yayasan mengenai kebutuhan sarana prasarana, c) adanya bantuan PIP pemerintah, dan d) menjalan komunikasi antar pribadi dengan guru yang bersangkutan dan menyebarkan informasi melalui teks.Keywords : fungsi kepala sekolah; tenaga pendidik; yayasanAbstract: This study aims to determine: 1) the role of the head of SMK Kristen 1 Surakarta in managing teacher resources, 2) the supporting factors for the principal in managing teacher resources, 3) the inhibiting factors for the principal in managing teacher resources, 4) the efforts of the principal in overcome inhibiting factors. This research approach is qualitative with a case study type. The research data is sourced from primary and secondary data. Sampling using purposive technique and snowball sampling. Data collection techniques used interviews, observation, and document analysis. Data validity was tested using source and method triangulation. This study uses interactive model data analysis. The results showed: 1) the role of the principal includes: a) educator, b) manager, c) administrator, d) supervisor, e) leader, f) innovator, and g) motivator; 2) supporting factors for school principals include: a) support from various parties, namely family, foundations and churches, b) high work ethic of school principals, and c) good spiritual principals; 3) the inhibiting factors of the school principal include: a) the teacher's lack of understanding of his role, b) inadequate infrastructure, c) a limited budget, and d) the communication between the principal and the teacher has not gone well; 4) the efforts of the school principal in overcoming existing obstacles include: a) strengthening the understanding of the teacher's role and the school's vision in various activities, b) coordinating with teachers and foundations regarding the need for infrastructure, c) providing government PIP assistance, and d) carrying out communication interpersonal communication with the teacher concerned and disseminating information via text.Keywords: foundations; teacher resources; the role of school principals
Copyrights © 2024