Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan siswa; (2) pengaruh efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa; (3) pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi berjumlah 154 siswa kelas XII SMK BATIK 2 Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin, sehingga sampel penelitian berjumlah 111. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan siswa yaitu thitung 2,073 > ttabel 1,982 (α = 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa yaitu thitung 4,721 > ttabel 1,982 (α = 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel lingkungan keluarga dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap sikap kewirausahaan kelas XII SMK Batik 2 Surakarta yaitu Fhitung 21,066 > Ftabel 3,08 (α = 0,05). Hasil semua temuan mendukung hipotesis yang diajukan. Kata Kunci: efikasi diri; lingkungan keluarga; sikap kewirausahaan Abstract: This research aims to determine (1) the influence of the family environment on students' entrepreneurial attitudes; (2) the influence of self-efficacy on students' entrepreneurial attitudes; (3) the influence of family environment and self-efficacy on students' entrepreneurial attitudes. This research uses quantitative correlational research. The population is 154 class XII students at SMK BATIK 2 Surakarta. Sampling used a proportional random sampling technique with the Slovin formula, so that the research sample was 111. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the IBM SPSS Statistics 25 program. The results of the research show that: (1) there is a positive and significant influence of family environmental variables on students' entrepreneurial attitudes, namely tcount 2.073 > ttable 1.982 (α = 0.05) ; (2) there is a positive and significant influence of the self-efficacy variable on students' entrepreneurial attitudes, namely tcount 4.721 > ttable 1.982 (α = 0.05); (3) there is a positive and significant influence between family environment variables and self-efficacy together on the entrepreneurial attitude of class XII SMK Batik 2 Surakarta, namely Fcount 21.066 > Ftable 3.08 (α = 0.05). The results of all findings support the proposed hypothesis. Keywords: self-efficacy; family environment; entrepreneurial attitude
Copyrights © 2024