Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
Vol 8, No 4 (2024): Juli

Pengaruh kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan

Krisnamukti Putra (Sebelas Maret University)
Cicilia Indrawati (Sebelas Maret University)
Patni Ninghardjanti (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada: 1) pengaruh kelompok teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022; 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022; 3) pengaruh kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif yang signifikan kelompok teman sebaya terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan thitung>ttabel (5,680 > 1,99006) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 2) ada pengaruh positif yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan thitung>ttabel (9,413 > 1,99006) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 3) ada pengaruh positif yang signifikan kelompok teman sebaya dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (228,879 > 3,11) dan signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 85,2% dan sisanya sebesar 14,8% dipengaruhi variabel lain.Kata kunci: kumpulan sebaya; otodidak; wiraswastaAbstract: The research aims to know: 1) the influence of peer group’s on entrepreneurial learning outcomes student students of class XII Automation and Office Administartion at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022; 2) the influence of independence of student learning on entrepreneurial learning outcomes student of class XII Automation and Office Administration at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022; 3) the influence of peer group’s and independence of student learning on entrepreneurial learning outcomes students of class XII Automation and Office Administration at SMK Negeri 1 Sragen in the academic year 2021/2022. This research used quantitative research with a correlational research design. The result of research showed that 1) there was a significant positive effect of peer group’s on learning achievement on entrepreneurship proved tcount>ttable (5,680 > 1,99006); 2) there was a significant positive effect of self-motivated learning on learning achievement on entrepreneurship proved tcount>ttable (9,413 > 1,99006); 3) there was a significant positive effect of peer group’s and self-motivated learning on learning achievement on entrepreneurship proved Fcount>Ftable (228,879 > 3,11). This result of research showed the amount of effective contribution toghether equal to 85,2% and the rest still 14,8% which effected by other variables.Keywords : entrepreneurship outcomes; independence of student learning; peer group’s

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...