Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; (2) Pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; dan (3) Pengaruh pegetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2021 dan 2022 dengan jumlah sampel 126 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (nilai thitung 8,454 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepribadian terhadap minat berwirausaha (thitung 3,209 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha dengan hasil uji F (Fhitung 55,546 > Ftabel 3,06) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Keseluruhan pada hasil analisis penelitian ini mendukung hipotesis yang telah diasumsikan. Kata Kunci : karakter; ketertarikan berwirausaha; psikologi; penelitian kuantitatif; wawasanAbstract: The purpose of this research is to determine: (1) The influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; (2) The influence of personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; and (3) The influence of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students. This research is a quantitative research with correlational method. The population in this research is the student of Office Administration Education Study Program Class of 2021 and 2022. The research sample was taken using proportionate stratified random sampling technique and resulted in 126 students. The data collection method used a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the IBM SPSS ver 26.0. From the results of the study it can be concluded that: 1) there is a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest (tcount value 8.454> t table 1.979) with a significance value of 0.000. 2) there is a positive and significant effect of personality on entrepreneurial interest (tcount 3,209 > t table 1,979) with a significance value of 0.002. 3) there is a positive and significant effect of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest with the results of the F test (Fcount 55.546 > Ftable 3.06) and a significance value of 0.000. Overall, the results of this research analysis support the hypothesis that has been assumed Keywords: characteristic; entrepreneurial interest; psychology; quantitative research; insight
Copyrights © 2024