Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, hambatan dan upaya dalam implementasi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada guru di SMK Wikarya Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dari informan dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling., dengan analisis data model interaktif sebagai teknik analisis data. Analisis data model interaktif memuat 4 tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1) pelaksanaan program PKB telah maksimal pada pengembangan diri, namun kurang optimal pada publikasi ilmiah dan karya inovatif. 2) ditemukan adanya hambatan dalam pelaksanaan program PKB. Hambatan tersebut adalah fasilitas yang beroperasi kurang optimal, kesibukan seorang guru, pemahaman dan kemampuan yang terbatas. 3) terdapat upaya yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi hambatan dalam implementasi PKB, upaya tersebut adalah dengan menggunakan perangkat cadangan, manajemen waktu, belajar mandiri dan berdiskusi dengan rekan kerja.Kata kunci : pengajar; hambatan; PKB; upayaAbstract: This study aims to determine the implementation, obstacles and efforts in implementing the Continuing Professional Development (CPD) program for teachers at SMK Wikarya Karanganyar. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. The data from this study were obtained from informants and document analysis. The sampling technique used is purposive sampling technique, with interactive model data analysis as a data analysis technique. Interactive model data analysis contains 4 stages, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results in this study are 1) the implementation of the CPD program has been maximal in self-development, but less than optimal in scientific publications and innovative works. 2) there were obstacles found in the implementation of the CPD program. These obstacles are facilities that operate less than optimally, the busyness of a teacher, limited understanding and abilities. 3) there are efforts made by teachers to deal with obstacles in the implementation of CPD, these efforts are by using backup tools, time management, self-study and discussing with colleagues.Keywords: CPD; effort; obstacle; teacher
Copyrights © 2024