Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata angkah Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XII OTKP 2, dan (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model problem-based learning pada mata angkah Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana siswa kelas XII OTKP 2. Penelitian ini merupakan penelitian angkah kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII OTKP 2 yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan uji validitas kualitatif dengan angka triangulasi sumber dan uji validitas soal dengan expert judgment. Penerapan model problem-based learning dilakukan dengan angkah-langkah yaitu orientasi siswa kepada masalah, mengorganisir siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan pembelajaran dengan model problem-based learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut dilihat dari hasil setiap siklusnya yang mengalami peningkatan.Kata Kunci: berpikir tajam; model pembelajaran; memecahkan masalahAbstract:This study aims to (1) describe the application of the problem-based learning model in improving students’ critical thinking skills in the Automation of Facilities and Infrastructure Management subject for class XII OTKP 2, and (2) improve students’ critical thinking skills by applying the problem-based learning model to the eye’s facility and infrastructure management Automation lesson for class XII OTKP 2 students. This research is classroom action research. The subjects of this study were 22 class XII OTKP 2 students. Data collection techniques through observation, interviews, and tests. Data validity used a qualitative validity test with source triangulation techniques and tested the validity of the questions with expert judgment. The application of the problem-based learning model is carried out in the following steps: orienting students to problems, organizing students for learning, guiding individual or group investigations, developing and presenting work, and analyzing and evaluating the problem-solving process. Application of learning with a problem-based learning model implemented in 2 cycles can improve students’ critical thinking skills. This can be seen from the results of each cycle which has increased.Keywords: learning model; solve the problem; think sharp
Copyrights © 2024