Abstrak: Evaluasi hasil belajar menjadi bagian penting dari proses pembelajaran untuk menentukan seberapa efektif kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK N 3 Surakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dengan interaktif yaitu pengumpulan, penyajian, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan identifikasi hambatan serta solusinya. Perencanaan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menetapkan tujuan evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perencanaan evaluasi dilaksanakan di awal pembelajaran, sedangkan pelaksanaannya di akhir pembelajaran. Guru menggunakan tes tertulis yaitu pilihan ganda. Setelah evaluasi, guru melakukan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan. Hambatan dalam evaluasi hasil belajar sebagai berikut : a) penyusunan soal, b) siswa sulit memahami soal, d) bosan dengan metode evaluasi yang monoton, e) kesulitan guru dalam penggunaan teknologi. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah : a) pelatihan, b) variasi metode evaluasi, c) komunitas belajar, d) peningkatan penggunaan teknologi dalam evaluasi hasil belajar. Keywords : kendala; penilaian; prestasi belajar; tindakanAbstract: Evaluation of learning outcomes becomes an important part of the learning process to determine how effective learning activities are. The purpose of this study is to determine the implementation of evaluation of learning outcomes in the subject of Automation of Personnel Governance at SMK N 3 Surakarta. This research is descriptive qualitative with purposive sample data collection techniques. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. Test validity using source triangulation and techniques. Interactive data analysis techniques are collection, presentation, reduction, and conclusion. The results showed that the implementation of learning outcome evaluation includes planning, implementing, following up, and identifying obstacles and solutions. Planning for the evaluation of learning outcomes is carried out by setting evaluation objectives that are in accordance with the learning objectives. Teachers use a written test that is multiple choice. The teacher conducts follow-up in the form of remedial and enrichment. Obstacles in evaluation are: a) preparation of questions, b) students have difficulty understanding the questions, d) bored with monotonous evaluation methods, e) teacher difficulties in using technology. While efforts to overcome these obstacles are: a) training, b) variations in evaluation methods, c) learning communities, d) increased use of technology in evaluating learning outcomes.Keywords: action; evaluation; learning achievement; problem
Copyrights © 2024