Jurnal Lentera Edukasi
Vol. 2 No. 2 (2024): Edisi Juni

ANALISIS KESESUAIAN ANTARA BUKU TEKS SISWA TEMATIK TERPADU TEMA HIDUP RUKUN SD/MI KELAS II DENGAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013

Rofek, Aenor Rofek (Unknown)
Nur Jamila (Unknown)
Surya Ika Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Buku teks yang digunakan oleh guru dan siswa ini harus relevan dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataannya, buku teks yang digunakan oleh guru atau siswa ini, belum diketahui tingkat kesesuaiannya dengan kompetensi dasar 2013, karena kurikulum ini masih baru. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk menganalisis kesesuaian buku teks dengan kompetensi dasar 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pembahasannya dideskripsikan dan dijabarkan tentang kesesuaian buku teks tematik terpadu pada kompetensi dasar 2013.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, membaca buku teks tematik terpadu, mengidentifikasi kesesuaian buku teks tematik terpadu dengan kompetensi dasar 2013, mengklasifikasi data hasil penelitian, menganalisis data yang sudah diklasifikasi, menjelaskan kesesuaian buku teks dengan kompetensi dasar, menghitung persentase kesesuaian data. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. (1) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 1 tentang Hidup Rukun di Rumah, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 95,30% dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai. (2) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 2 tentang Hidup Rukun Dengan Teman Bermain, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 95,48% dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai. (3) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 3 tentang Hidup Rukun di Sekolah, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 95,84 % dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai. (4) Buku teks tematik terpadu untuk siswa subtema 4 tentang Hidup Rukun di Masyarakat, sudah sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase skor sebesar 96,22 % dan termasuk dalam kriteria sangat sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs-jle

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Lentera cendekia: pendidikan dan pembelajaran adalah jurnal ilmiah dalam pendidikan dan pembelajaran, meliputi penelitian pembelajaran baik inovasi penelitian ataupun inovasi terapan media pembelajaran, penelitian secara teoritis, kajian ilmiah penelitian tindakan kelas, penelitian terapan ...