JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Kemampuan Pedagogic Content Knwoledge (PCK) Guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Pomalaa

Hamjan, Hamjan (Unknown)
Iqbal, Muh. (Unknown)
Nasution, Abd. Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Peran guru sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, terutama dalam Pendidikan Agama Islam, yang berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter, moral, dan spiritualitas siswa. Penelitian ini mengevaluasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Pomalaa, dengan fokus pada delapan indikator PCK. Menggunakan pendekatan mixed-method, penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai pengetahuan dan keterampilan pedagogis guru melalui survei self-assessment. Penelitian yang dilakukan selama dua bulan ini menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan kompetensi PCK guru Pendidikan Agama Islam adalah 78%, menunjukkan tingkat penguasaan yang baik. Temuan spesifik meliputi: identifikasi kesulitan siswa (75%), perencanaan pembelajaran (80%), penjelasan konsep dan penggunaan bahasa (87,5%), penggunaan metode pembelajaran (75%), menghubungkan materi dengan pengalaman siswa (70%), menyesuaikan materi dengan keadaan siswa (81,25%), dan kemampuan penilaian (75%). Hasil penelitian ini menyoroti bahwa meskipun sebagian besar guru menyadari pentingnya identifikasi kesulitan siswa dan perencanaan pembelajaran yang efektif, terdapat area yang perlu ditingkatkan, terutama dalam penerapan metode pengajaran yang konsisten dan mengaitkan materi dengan pengalaman siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru, serta menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam pengembangan PCK melalui pengembangan profesional dan supervisi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...