JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Enhancing Students' Speaking Skills Through Role Play Method in 11th Grade Students at SMK Alam Karya Suka Mekar Bekasi

Putri, Novrilia Ameni Tiara (Unknown)
AE, Yon (Unknown)
Solo, Lenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan metode role play di kelas XI SMK Alam Karya Suka Mekar, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Alam Karya Suka Mekar, Kabupaten Bekasi. terutama di kelas IX TBSM. Sebelum melakukan penelitian dilakukan terlebih dahulu Pra tindakan agar mengetahui perbandingan nilai mulai dari pra observasi hingga siklus 2. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian di setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi menunjukkan bahwa diperoleh data, yaitu pada awal pra Tindakan persentase kemampuan berbicara Bahasa Inggris mencapai skor rata-rata 27,58%. akhir siklus pertama, persentase kemampuan berbahasa siswa Inggris mencapai skor rata-rata 44,82%. Pada akhir siklus kedua, persentase rata-rata keterampilan berbicara siswa salam pembelajaran Bahasa Inggris meningkat menjadi 86,20%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah metode role play dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa khususnya pada siswa SMK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...